Harta Warisan Mencangkup Hibah Kepada Anak

Penanya:
Assalamualaikum wr.wb.

Numpang tanya Gan, Saya 7org bersaudara 3/L.4/P. Ibu sudah tiada,dlm keadaan yg masih sehat Bpk kami membagi2kn tanah kpd kami,namun saudara tertua saya tdk mendptkan bagian saat itu,dg alasan(bpk)krn sudah menghabiskan banyak harta. Setelah itu Bpk kami meninggal dunia,sesudah Bpk tiada saudara tertua kami marah2 minta bagian atas tanah tsb,bahkan mengancam bila suatu saat tanah tsb dijual atau disertifikatkn tdk akan bisa tanpa tanda tangannya..?  Mohon penjelasan Gan..,baik menurut Islam maupun UU.

Jawaban:

Waalaikumsalam wr. wb.

Hukum waris Islam diatur dalam Kompilasi Hukum Islam (KHI). Sebagaimana ketentuan dalam Pasal 211 KHI menyebutkan bahwa “Hibah dari orang tua kepada anaknya dapat diperhitungkan sebagai warisan.” Dalam artian apabila sebelum almarhum meninggal dunia telah membagi-bagikan hartanya kepada anak-anaknya dan salah satu ahli waris merasa keberatan maka dia dapatlah menuntut haknya sebagaimana hukum waris islam. Cara pengajuannya sebagaimana yang telah saya jelaskan di blog saya terdahulu. Dalam konteks ini, apabila mau mengalihkan hak atas tanah tersebut kepada pihak lain, maka pihak yang menerima pembagian warisan tidak dapat mengalihkannya tanpa tanda tangan seluruh ahli waris.

Berbeda halnya, apabila harta tanah tersebut dibagi-bagikan kepada anak-anaknya sebelum almarhum meninggal dunia dengan ditandatanganiya “AKTA HIBAH” dan seluruh anak-anaknya beserta ahli warisnya menandatangani akta hibah yang menandakan persetujuan atas hibah tersebut, maka atas hibah tersebut tidak dapat dituntut untuk dijadikan harta warisan pewaris yang harus dibagi, sehingga pengalihan hak atas tanah tersebut tidak memerlukan persetujuan dari seluruh ahli waris.

Demikian penjelasan dari saya, dan semoga bermanfaat.

Oleh: Ranec ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s