Kedudukan Surat Wasiat

Penanya:

Apakah Surat wasiat yang diberikan oleh orang tua kepada kakak ipar saya terkait pembagian warisan berupa rumah dan tanah dapat dibatalkan?

Penjelasan Hukum:

Wasiat yang dibuat oleh Pewaris memiliki ekstensi dan diakui keberadaannya apabila para ahli waris sepakat terhadap isi wasiat itu dan terhadap isinya mereka bersedia untuk menjalankannya. akan tetapi apabila salah satu ahli waris keberatan terhadap isi wasiat tersebut, maka pihak yang merasa dirugikan dapat meminta pembatalan. Pertamakali yang dilakukan adalah mengajukan gugatan waris dengan sekaligus mengajukan permohonan pembatalan wasiat tersebut.

Apabila Pewaris beragama islam maka kompetensi absolut untuk menangani perkara tersebut adalah di Pengadilan Agama sedangkan apabila Pewaris beragama non islam maka diajukan di Pengadilan Negeri. Pembagian warisan di Pengadilaan Agama mengacu pada Kompilasi Hukum Islam (KHI), sedangkan jika diajukan ke Pengadilan Negeri maka pembagiannya mengacu pada aturan dalam Burgelijk Wetboek (KUH Perdata).

Kesimpulan: Bahwa wasiat dapat dibatalkan apabila ada salah satu atau lebih dari ahli waris yang merasa keberatan.

Ditulis oleh: Ranec

One thought on “Kedudukan Surat Wasiat

  1. Saya mau beli rumah tetapi orang yg punya sdh meninggal,sedangkan istri yg punya rmh sdh buat srt ahli waris dg ttd lurah dan camat.Yg jadi ahli waris d srt itu istri dan 2 org ank angkat.Tetapi saudara kandung yg meninggal berusaha mau batalkan srt ahli waris tsb,padahal sbg saksi d srt tsb ada ttd adik ipar yg meninggal.Trus bagaimana langkah saya utk beli rmh tsb?

    Regard
    Yoeppy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s